Rabu, 30 November 2011

Tujuh Jurus Dahsyat Marketing Revolution

Tulisan ini saya sadur dari buku karya Tung desem Waringin yaitu MARKETING REVOLUTION

ADA tujuh jurus dalam Marketing Revolution yang diajarkan bapak TDW. Jika Anda melakukannya secara optimal,Anda akan mendapatkan hasil dahsyat

Jika Anda melakukannya secara optimal,Anda akan mendapatkan hasil dahsyat :
- Kita harus fokus pada Ultimate Advantage,Sensational Offer, dan Powerful Promise (USP)
- Melakukan lima usaha marketing
- Semua tindakan harus terukur dan tes yang terkecil terlebih dahulu
- Faktor kali (Tipping Point)
- Produktivitas yang terkait penghasilan
- Monitoring
- Prinsip harga,paling murah atau gelap

Fokus pada USP
Jika dalam marketing normal/ secara umum, USPadalah : U = Unique, S = Selling, P = Proposition.Maksudnya, dalam melakukan suatu proses pemasaran, kita harus memiliki perbedaan dengan yang lain.


Namun,dalam hal ini,USPbagi saya merupakan salah satu kunci kesuksesan Marketing Revolution. Adapun yang maksud USPdi sini adalah : U = Ultimate advantage, S = Sensational offer, dan P = Powerful promise Singkatan USP ini pertama kali dapatkan dari Mark Victor Hansen dan Robert G Allen dalam bukunya One Minute Millionare. 


Dalam melakukan suatu usaha,kita harus terlebih dahulu mengetahui secara jelas keunggulan apa yang kita miliki dibanding yang lain.Misalnya kita sama-sama membuka warung soto. Pertanyaannya adalah, mengapa seseorang harus membeli soto di restoran kita? Mengapa tidak di tempat yang lain?


Kuncinya, kita harus mempunyai keunggulan. Jika kita sudah tidak mempunyai keunggulan dan sama dengan yang lain,kita disebut bergerak dalam bidang usaha komoditas. Kalau kita bergerak dalam bidang komoditas, sulit bagi kita memperoleh keuntungan lebih besar. Sebab, margin yang kita peroleh sangat tipis. 


Saran saya, supaya Anda tetap mempunyai keunggulan dibanding dengan yang lain, ada dua hal yang bisa dilakukan,yaitu :

1.Diubah
2.Ditambah Misalnya kita berjualan soto.Jika kita sudah bisa merasa bahwa semua soto itu sama dengan yang lain, maka yang kita pikirkan pertama kali yaitu,apa ultimate advantage restoran soto kita dibanding yang lainnya? 


Kita bisa mengatakan yang kita jual merupakan soto dengan potongan daging lebih besar, dipotong miring dengan irisan terlihat bagus,dan menggunakan daging dari bagian dada sebelah kanan.Ditambah lagi dagingnya terasa empuk dan penuh bumbu.
Karena itu, bisa dipasang sebuah spanduk besar di depan restoran yang berbunyi, "Soto kami menggunakan daging dari bagian dada sebelah kanan,putih, dan mulus.Dijamin enak dan lezat!". 


Saya yakin akan banyak orang tertarik dengan promosi seperti itu karena kita mampu memberikan suatu ultimate advantage dibanding restoran soto lainnya. Kalau kita memang benar-benar mampu memberikan jaminan rasa dan kualitas tinggi, tentu saja kemungkinan jumlah pengunjung yang akan membeli soto juga lebih banyak. Selain itu, kita juga bisa mulai mengubah besar kecilnya menu yang ditawarkan. 


Mungkin juga mengubah variasi menunya,dan masih banyak lagi. Pada intinya harus mulai bisa mengubah dan atau menambah. Harus selalu mencari Ultimate Advantage produk atau jasa yang kita tawarkan. Harus memiliki keunggulan dibanding produk lainnya. Ketika saya diwawancarai seorang wartawan dari majalah pria terkemuka, wartawan itu menanyakan dengan serius kepada saya."Apa sebenarnya kelebihan Pak Tung dibanding pembicara lainnya?". 


Maka saya menjawab, saya mempunyai tiga kelebihan yang merupakan Ultimate Advantage. Pertama,ilmu saya adalah street smart. Artinya, saya mengajarkan dari apa yang sudah saya praktikkan terlebih dahulu. Sedangkan pembicara lain bisa jadi mereka hanya belajar dari buku baru, kemudian diajarkan, meskipun belum mempraktikkannya terlebih dahulu. 


Kedua, cara penyampaian saya me-nyenangkan dan membuat orang semangat.Ketiga,daya tahan saya sangat kuat.Contohnya, pada saat saya mengadakan seminar Financial Revolution, pada hari pertama (Jumat) mulai dari pukul 18.00 dan selesai pada pukul 02.00 pagi.Keesokan harinya mulai dari pukul 09.00 pagi dan selesai pada pukul 03.00 pagi.


Kemudian pada hari ketiganya (Minggu), acara seminar dimulai dari pukul 09.00 pagi hingga pukul 20.00 malam.Suara saya bisa terus tetap lantang dan tetap selalu bersemangat. Dan terakhir ini, bahkan dalam satu bulan, saya bisa mengadakan 52 seminar dengan suara dan kekuatan yang senantiasa dahsyat.Sedangkan pembicara yang lain mungkin di awal-awalnya sangat bersemangat, tetapi setelah sehari penuh mereka mulai kurang bahkan tidak semangat lagi dalam penyampaiannya.


Dalam kehidupan sehari-hari, Ultimate Advantagedapat dicontohkan sebagai berikut. Jika kita hidup,itu merupakan keunggulan dibandingkan dengan yang mati (misalnya karena akibat kecelakaan pesawat). Tapi kalau semua hidup,berarti hidup sudah bukan merupakan suatu keunggulan. Kemudian kalau kita berperilaku jujur, itu adalah keunggulan dibanding jika yang lainnya tidak jujur.


Tapi jika semuanya jujur,kita berarti tidak mempunyai keunggulan lagi.Karena itu, kita harus mengetahui kunci,apa yang menjadi keunggulan kita, ataupun produk yang kita miliki,atau bisnis yang kita jalankan dibandingkan dengan yang lain? Ingin mengetahui penjelasan lebihlanjut mengenai tujuh jurus dahsyat dalam Marketing Revolution untuk membuat hasil yang dahsyat dalam usaha atau perusahaan Anda? 


Tung Desem Waringin
Pelatih Sukses No 1 di Indonesia The most Powerful People and Ideas in Business 2005

Selasa, 29 November 2011

100 CARA UNTUK MENJADI BOSS SENDIRI


Jadi, sekarang anda mau bekerja dan menjadi boss kepada diri sendiri!!
Mungkin anda sudah merasa capek dan letih bekerja dg orang lain dan mereka tidak mengerti tugas-tugas yang anda lakukan ataupun anda telah bosan dan
lelah karena terpaksa berhadapan dg masalah lalu-lintas yang sesak setiap hari sewaktu pergi dan pulang dari tempat kerja. Ataupun anda sudah muak dg
suasana politik di kantor dimana ada budaya tukang hasud dan dengki mendengki.
Ataupun  anda memang sudah yakin  dg diri sendiri bahwa  anda bisa berdikari dan  memperoleh penghasilan yang  jauh  lebih  lumayan daripada gaji atau
penghasilan yang anda terima sekarang ini.
Atau anda sudah bosan bekerja dg orang lain, mau menikmati kehidupan yang jauh lebih baik dan mewah dan mau melakukan kerja –kerja tambahan diwaktu
lapang anda ataupun anda hanya mau menambah penghasilan keluarga anda dan tidak mau mengabaikan anak-anak anda.
Walau apa pun alasan yang anda berikan, dg bekerja sendiri dan menjadi boss kepada diri sendiri ia dapat memberikan keuntungan yang lebih baik kepada diri
anda dan keluarga serta dapat meningkatkan harga diri anda juga. Ia akan memberikan hasil yang lumayan jika anda dapat menjalankan ide-ide usaha yang
baik dan tepat. Apakah jenis usaha yang boleh menepati IDE? Biasanya setiap ide bisa berhasil jikalau mempunyai dan menepati kriteria seperti berikut:
Sesuatu yang anda ketahui dan anda bisa melakukannya dg baik
Sesuatu yang anda SUKA untuk melakukannya dan tidak peduli walaupun senantiasa melakukannya setiap hari
Sesuatu yang mempunyai ruang yang luas untuk dipromosikan
Sesuatu yang dapat dijual pada harga yang bisa mengatasi harga biaya pengeluaran anda & juga menghasilkan keuntungan yang lumayan kepada anda.
Sesuatu yang bisa dilakukan dg menggunakan modal yang kecil ataupun modal yang mencukupi dan sesuai seperti yang anda rancangkan.
Jikalau anda masih belum menemui cara-cara keusahawanan, mungkin anda bisa melihat dan menggunakan salah satu daripada sistem dan cara seperti yang
didaftarkan di bawah ini. Ada yang bisa memulai usaha mereka di rumah dg menggunakan cara seperti berikut dan ada pula yang masih tidak mengetahui cara
untuk memulai usaha mereka.

Kebanyakannya bisa dijadikan usaha pokok, dan sebagian daripadanya bisa digunakan untuk menambah lagi jumlah jenis usaha yang sudah ada. Semuanya
bisa digunakan sebagai cara untuk mencari uang yang dapat dilakukan di rumah jikalau anda mengetahui cara untuk menjalankan perusahaan melalui ide-ide
yang telah diberikan itu. Dan jika anda dapat mencari sistem pemasaran dan bisa memasarkannya dg teratur. Perhatikan ide-ide usaha berikut ini:
Penasehat pertanian Perunding mancanegara Penata rambut
Penasehat mutu udara Perunding pemasaran Kolumnis
Penceramah seminar (perusahaan dll) Perunding perobatan Handy man servis
Konsultasi komputer Perunding mutu Pengurus artis
Penasehat pengurus kontraktor Perunding Cara Pengurus penjualan
Penasehat mekanik Perunding produk Pelayanan informasi
Konsultasi alam sekitar Perunding pasar Agen periklanan
Konsultasi franchise Perunding proposal kontrak pemerintah Mengambil gambar/video
Penasehat kesehatan  Perunding keselamatan Memperbaiki peralatan listrik
Perunding image Perunding latihan Memperbaiki sepeda
Perunding keahlian Perunding audit utiliti Penulis plan usaha
Perunding kesuksesan Perunding pengurusan Beresiko

Senin, 28 November 2011

45 CARA PROMOSI


1. Pasang iklan baris di koran.
2. Pasang iklan di buku telepon kuning (yellow pages).
3. Pasang iklan di pusat perkulakan.
4. Aktif mendekati konsumen lewat telepon.
5. Mendatangi langsung konsumen yang prospektif.
6. Promosi lewat surat.
7. Jadi pembicara di seminar dan bicaralah tentang hal yang benar-benar Anda kuasai.
8. Jadi pembicara tamu di acara dialog di radio.
9. Buat pusat data tentang pelanggan Anda, lengkap dg alamatnya. Jaga terus agar tetap up-to-date.
10. Bangun citra perusahaan Anda dg kartu nama dan kop surat yang menarik.
11. Rancang brosur yang menjelaskan keuntungan dari produk Anda
12. Kembangkan sistem pemesanan lewat surat.
13. Buat tempat khusus untuk memamerkan dan membeli langsung produk Anda.
14. Rancang pemasaran jarak jauh (telemarketing).
15. Buat logo perusahaan sesuai dg citra yang ingin Anda bangun.
16. Terbitkan semacam buletin yang menceritakan perkembangan terbaru usaha Anda, paling tidak tiga bulan sekali.
17. Buat suvenir dg logo perusahaan, seperti kalender, pena, mug, kertas memo dan sebagainya.
18. Buat kampanye sosial yang berhubungan dg produk Anda. Misalnya jika produk Anda lampu, sebarkan tips tentang hemat pemakaian listrik.
19. Buat stiker atau balon dg logo dan slogan perusahaan Anda.
20. Rancang kaos dg logo dan nama perusahaan.
21. Jajagi kerjasama promosi dg perusahaan lain yang bukan pesaing.
22. Pelajari semua biaya promosi, baik yang lewat koran, majalah, radio, televisi, papan reklame, halte bus, dan tempat-tempat umum lainnya.
23. Temukan cara untuk mengurasi biaya promosi dg memanfaatkan promosi patungan.
24. Berterimakasih kepada pelanggan dg mengiriminya surat.
25. Menjaga hubungan dg pelanggan dg cara mengiriminya kartu ulang tahun, Lebaran, Natal, atau tahun baru.
26. Pasang profil perusahaan di majalah atau koran yang biasa dibaca oleh calon konsumen sasaran.
27. Sewa agen periklanan atau humas (PR/public relations).
28. Selenggarakan sayembara yang bersifat promosi.
29. Selenggarakan seminar yang khusus membahas produk, jasa, dan perusahaan Anda.
30. Selipkan brosur atau bahan promosi lainnya ke dalam tagihan yang Anda kirim.
31. Cari calon pelanggan di pameran-pameran.
32. Cari calon pelanggan di perkumpulan-perkumpulan yang berhubungan dg bisnis Anda.
33. Cari calon pelanggan di seminar-seminar.
34. Cari calon pelanggan di majalah atau koran.
35. Kemas brosur, daftar harga, dan surat-menyurat dalam tempat khusus untuk pelanggan.
36. Pasang papan penunjuk di pinggir jalan dekat kantor Anda.
37. Sebarkan brosur dg menyelipkannya di wiper kaca mobil.
38. Cetak kalimat bersifat promosi pada kertas surat atau amplop.
39. Pasang logo dan nama perusahaan pada mobil perusahaan.
40. Siapkan video tentang profil perusahaan.
41. Buat daftar produk lengkap tentang gambar, cara penggunaan dan keuntungan pemakaian untuk mempermudah Anda membuat promosi.
42. Siapkan proposal yang siap ditawarkan untuk mengantisipasi kebutuhan pelanggan.
43. Sediakan contoh produk gratisan.
44. Sediakan kesempatan kepada calon pelanggan untuk melihat-lihat proses produksi.
45. Sponsori acara amal.
 Semoga bermamfaat