Jumat, 06 Januari 2012

7 Pertanyaan WAJIB DI JAWAB sebelum memulai Berbinis

Memiliki kejelasan tentang bisnis Anda sangatlah penting dalam membangun sebuah bisnis yang sukses. Semakin jelas Anda dengan bisnis Anda, maka Anda akan menjadi semakin sukses.


Beberapa pertanyaan di bawah ini akan membantu Anda untuk mempunyai kejelasakan dalam bisnis Anda serta memudahkan Anda untuk mengambil keputusan yang terbaik untuk bisnis Anda.

1. Bisnis apa yang Agan geluti?

Jelaskan apa sebenarnya bisnis Anda. “Apa yang dilakukan bagi pelanggan Anda?” Bukan produk atau jasa Anda. Melainkan apa yang dilakukan bisnis Anda untuk meningkatkan kehidupan atau pekerjaan pelanggan Anda dalam berbagai cara? Jelaskan secara rinci (minimum 3 hal) perubahan secara positif apa yang diberikan produk atau jasa Anda kepada pelanggan Anda.

Semakin banyak hal yang dapat Anda rinci akan memberikan keunggulan yang lebih banyak pula kepada pelanggan, karena perubahan positif inilah sebenarnya yang dibeli oleh para pelanggan.

2. Siapa pelanggan Anda? 

Siapa pelanggan ideal Anda? Siapa pelanggan sempurna Anda? Bagaimana Anda menjelaskan tentang pelanggan sempurna? Apa yang bisa Anda jelaskan tentang diri mereka?

Kemampuan untuk menentukan pelanggan sempurna bagi produk atau jasa yang Anda jual sangatlah kritis bagi bisnis Anda. Kesalahan dalam menentukan pelanggan sempurna Anda akan membuat Anda melakukan kesalahan yang fatal dalam bisnis. Sebaiknya Anda mengenali pelanggan dalam bentuk usia, gender, pendapatan, pendidikan, status keluarga, keyakinan, komunitas, dan apa yang sebenarnya pelanggan inginkan atau miliki pada saat mereka menjadi pelanggan dari produk atau jasa yang Anda jual.

3. Mengapa pelanggan membeli produk atau jasa Anda?

Apa nilai (value) yang mereka cari? Apa manfaat yang mereka ingin nikmati? Apa perubahan atau peningkatan dalam kehidupan yang mereka cari? Apa alasan yang sesungguhnya seorang pelanggan membeli dari Anda dan bukan memikirkan atau menundanya terlebih dahulu? Apa yang Anda berikan berbeda? Mengapa pelanggan Anda kembali lagi membeli dari Anda?

4. Apa keunggulan kompetitif Anda?

Keunggulan kompetitif adalah keunggulan-keunggulan, manfaat-manfaat,benefit yang Anda berikan kepada pelanggan Anda, yang tidak diberikan oleh pesaing Anda, yang juga di sebut dengan “keahlian” atau “keunikan”. Apa USP (Unique Selling Proposition) Anda, yaitu sesuatu yang Anda lakukan yang benar-benar memberikan benefit pada pelanggan-pelanggan Anda dan tidak ada individu atau perusahaan lain yang menawarkan hal yang sama? Bagaimana Anda memposisikan produk atau jasa Anda di pasar untuk menekankan Area Keunggulan dan USP Anda? Hal-hal apa yang benar-benar diingini pelanggan, yang dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan dari pelanggan hingga pelanggan akan rela membayar lebih untuk mendapatkannya?
Bila Anda belum memiliki keunggulan kompetitif, mulailah membuatnya dari sekarang. Di masa yang akan datang bila bisnis berjalan seperti sekarang apa yang menjadi keunggulan kompetitif Anda? Bila bisnis Anda mengalami perubahan atau mengalami peningkatan, apa yang akan menjadi keunggulan kompetitif Anda? Keunggulan kompetitif apa yang akan Anda buat agar menjadi yang terbaik di bidang Anda?

5. Siapa pesaing Anda?

Apa keunggulan, manfaat, atau keuntungan yang didapat pelanggan Anda ketika membeli dari pesaing yang tidak dapat Anda berikan kepada pelanggan Anda? Hal yang terpenting adalah apa atau tindakan apa yang dapat Anda kerjakan untuk menyetarakan atau melebihi (mengungguli) pesaing Anda? Hal apa yang dapat Anda buat agar pelanggan tahu bahwa Anda lebih unggul dari para pesaing dan agar mereka mulai membeli dari Anda? Bila Anda memenangkan hati dan melekatkan bisnis Anda pada pikiran pelanggan, hal inilah yang dapat membuat bisnis Anda tumbuh dan menjadi terbaik di bidang Anda.

6. Apa penghalang yang menahan Anda?

Jika sasaran Anda adalah meningkatkan penjualan dan keuntungan dua kali lipat dalam dua atau tiga tahun ke depan, hal apa yang menghalangi Anda sehingga Anda tidak dapat mencapainya? Mengapa penjualan Anda belum juga meningkat dua kali lipat? Hal-hal apa yang seharusnya sudah Anda lakukan agar dapat meningkatkan penjualan dan keuntungan? Hal-hal apa yang seharusnya Anda pelajari untuk mendukung pencapaian tersebut? Kepada siapa Anda harus bertanya? Kapan waktu yang tepat untuk memulainya?

Kecepatan Anda dalam mencapai suatu sasaran kadang dihalangi oleh satu atau lebih hambatan. Semakin cepat Anda mengidentifikasi hambatan-hambatan tersebut, semakin cepat Anda mencapai sasaran tersebut. Setelah Anda mengidentifikasi secara akurat, fokuskan waktu, energi dan pikiran Anda dalam hal tersebut. Lampaui hambatan tersebut dengan segera.

7. Apakah 20% aktivitas Anda yang berperan untuk 80% hasil Anda?

Siapa 20% pelanggan Anda yang berkontribusi 80% untuk bisnis Anda? Apa saja 20% produk atau jasa Anda yang menghasilkan 80% penjualan? Apa saja 20% produk atau jasa yang berperan dalam 80% keuntungan?

Dengan mengetahui dengan jelas, aktivitas mana yang memberikan kontribusi lebih, lalu mulai memperbanyak kegiatan yang bernilai tinggi tersebut dan menghilangkan semua aktivitas yang bernilai rendah, akan mengubah hasil bisnis Anda secara signifikan. Terlalu banyak ragam harga, terlalu banyak produk kepada terlalu banyak pelanggan, dan ke dalam berbagai pasar. Di dunia bisnis, kecenderungan dari seorang pebisnis selalu direpotkan oleh hal-hal yang kecil (fokus pada aktifitas yang bernilai rendah) yang memberikan kontribusi yang sangat rendah dan juga fokus pada masalah yang sangat menyita waktu, tenaga dan emosi.

Menjawab semua pertanyaan-pertanyaan tersebut akan membuat Anda memiliki kejelasan di dalam bisnis yang Anda geluti. Semakin jelas, semakin sukses Anda jadinya. Ada yang mengatakan atau Anda pasti pernah mendengar yang dikatakan, ”Apa yang Anda tidak ketahui, tidak dapat menyakiti Anda.” Dalam bisnis, yang benar adalah kebalikannya: “Apa yang tidak Anda ketahui dapat menyebabkan Anda gagal / jatuh.”

Jawab pertanyaan-pertanyaan di atas setidaknya setiap enam bulan sekali, atau tiga bulan sekali, dan lakukan kegiatannya. Bisa dipastikan perkembangan bisnis Anda akan berkembang secara exponensial.


Semoga Bermamfaat


Sumber : Forum Kaskus http://www.kaskus.us/showthread.php?t=12112895

2 komentar:

  1. Kami adalah perusahaan yang terdaftar, meminjamkan uang kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan mendesak, dan mereka yang telah ditolak kredit dari sana bank karena skor rendah kredit, pinjaman bisnis, pinjaman Pendidikan, mobil pinjaman, kredit rumah, kredit perusahaan (dll), atau untuk membayar utang buruk atau tagihan, atau yang telah scammed oleh pemberi pinjaman sebelum uang palsu? Selamat, Anda berada di tempat yang tepat, dapat diandalkan Pinjaman Perusahaan Ibu Kelly untuk memberikan pinjaman dengan tingkat bunga yang sangat rendah dari 2% telah datang untuk mengakhiri semua masalah keuangan Anda sekali dan untuk semua, untuk informasi lebih lanjut dan pertanyaan hubungi kami melalui email perusahaan kami: (kellywoodloanfirm@gmail.com)
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu kelly

    BalasHapus
  2. Halo, aku mr Recardo, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di: Recardoroland.loanfirm@gmail.com

    BalasHapus

Jangan Lupa Komennya ya.. Thanks