Senin, 20 Februari 2012

Kiat Menjadi Broker Properti yang Handal?


Seperti yang kita ketahui bisnis properti sekarang ini semakin berkembang. Dengan perkembangan tersebut, banyak orang berlomba-lomba menjadi seorang broker/agen properti. Apalagi mengingat keuntungan yang ditawarkan cukup menggiurkan bagi mereka.

Namun, menjadi seorang broker/agen properti tidak semudah yang kita kira, karena pasar properti ini tidak setiap hari menghasilkan uang seperti menjual sembako. Apalagi saingan broker juga banyak. Untuk itu Anda harus pintar-pintar dalam menawarkan produk properti Anda kepada konsumen agar tidak kalah dengan broker lainnya.

Lantas bagaimana caranya agar Anda bisa menjadi seorang broker/agen properti yang handal? Berikut tipsnya untuk Anda.

  1. Ingat bahwa penjual dan pembeli ingin bekerjasama dengan broker yang sukses. Oleh karena itu, tunjukkan penghargaan - penghargaan yang pernah diterima kantor Anda dan cetak dalam kartu nama Anda (dibaliknya).
  2. Kenapa saya harus memilih kamu? Brosur pribadi Anda harus menunjukkan keunggulan dan perbedaan Anda dari agen properti lain.
  3. Berikan kesan yang sebaik mungkin dan posisikan diri Anda secara tepat sesuai pengalaman Anda.
  4. Email adalah komunikasi yang paling murah, cepat dan pribadi. Tuliskan alamat email Anda pada kartu nama, brosur dan informasi lainnya.
  5. Anda harus mudah dihubungi melalui telpon, fax, hand phone dan alamat email.
  6. Foto Anda merupakan hal yang penting dalam media promosi Anda.
  7. Setiap tampil dalam ruang publik adalah kesempatan untuk networking. Pakailah atribut yang mudah dilihat dan menunjukkan Anda seorang broker properti.
  8. Buat website pribadi. Ya, kenapa tidak? Apalagi sekarang ini internet marketing benar-benar membantu dalam hal penjualan. Namun, perhatikan isi dan hubungan dengan profesi Anda sebagai agen properti.
  9. Sebar brosur pribadi Anda secara rutin dalam "target market", hal ini akan membuat image Anda tetap melekat dalam benak target pasar.
  10. Setiap listing dan transaksi berikan brosur "just listed" atau "sold" pada para tetangga, hal ini akan memberikan image tentang keaktifan Anda dalam pasar.
  11. Pakailah kekuatan dari brand sebagai identitas yang konsisten dan meningkatkan brand pribadi Anda.
  12. Setiap presentasi listing anggap sebagai interview pekerjaan. Yang penting adalah apa yang akan Anda lakukan pada pemasaran rumah si penjual.
  13. Bicara itu murah. Cobalah bicara dengan siapapun, tentang apapun, sampai Anda mendapatkan prospek baru yang potensial.
  14. Ketika prospekting pada tetangga baru, kirimkan postcard / brosur / fliers 3 kali dalam 6 minggu dan telponlah 2 bulan sekali.
  15. Pelanggan lama adalah sumber referral. Tetaplah berhubungan melalui brosur, kartu ucapan ulang tahun, selamat hari raya, dll.
  16. Hadiah berupa kalender (setiap tahun) atau notes yang mencantumkan nama kantor dan nama Anda akan diingat oleh customer sepanjang tahun.
  17. Sebutkan nama pelanggan setiap Anda menghubunginya melalui surat, brosur atau media promosi yang lain.
  18. Setiap keputusan menjual dan membeli properti sangat emosional, gunakan kata-kata yang berhubungan dengan rasa. Jalan yang lapang, pemandangan yang cantik, dll. Tuliskan dalam media promosi Anda.
  19. Flier, postcard, tanda dijual (spanduk), email, internet, katalog property guide, jaringan kantor dan marketing, semua menghasilkan dalam pemasaran properti. Lakukan semua untuk membuka peluang yang lebih besar.
  20. Pembeli memulai pencarian rumah melalui internet, property guide dan foto flier. Pastikan foto properti Anda cukup menarik.
  21. Setiap agen properti bisa mencetak marketing material. Jadi, pastikan brosur, property guide dan foto flier Anda cukup berkualitas dan mengesankan.
  22. Tentukan budget pemasaran setiap listing dan program pemasaran yang konsisten. Anda akan dikenal karenanya.
  23. Pastikan Anda telah mendeferensiasikan listing Anda melalui kelebihan-kelebihan yang Anda tonjolkan, misal : unik, spesial, hot listing, dll.
  24. Undanglah tetangga dengan postcard / brosur "Open House" yang menarik. Dan minta setiap tamu dalam open house mengisi "Buku Tamu". Kemudian, follow up mereka untuk listing Anda yang akan datang.
  25. Kalau Anda melakukan beberapa tips diatas, kenapa Anda tidak lakukan semua? Kalau Anda sudah lakukan semua, apakah Anda bisa melakukan lebih baik? Karena prospek dan customer selalu memilih yang terbaik.

Siap menjadi seorang broker/agen properti yang handal? Semoga tips di atas bisa bermanfaat bagi Anda.

Sumber : bproperti.com

6 komentar:

  1. gila nih gan,,,jadi makin kebuka ane mw jado broker dengan cara ini,,,mantap gan

    BalasHapus
  2. Mantap , perbanyak data base pelanggan dan database rpoperti yang mau di jual.

    BalasHapus
  3. sory bro, kayanya ini blog lokal. tapi monetazenya pake azon ma clickbank. apa ga sebaiknya di ganti affiliate lokal aja kaya lazada dll.

    "Hanya ungkapan sayang ke sesama blogger"

    BalasHapus
  4. Terimakasih atas sharingnya. Untuk dpt sukses menjadi agen properti kita haruslah menjadi orang yang terbuka dan pandai bergaul. Disamping itu juga melakukan promosi online yg sekarang lagi rame yaitu melalui website properti pribadi, sudah banyak Jasa pembuatan website properti yang ada di internet.

    -Joko Muryanto-
    Owner Jasa pembuatan website properti
    SMS 0818-0276-6690

    BalasHapus
  5. terima kasih tips bisnis properti kali ini

    BalasHapus
  6. Kami adalah perusahaan yang terdaftar, meminjamkan uang kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan mendesak, dan mereka yang telah ditolak kredit dari sana bank karena skor rendah kredit, pinjaman bisnis, pinjaman Pendidikan, mobil pinjaman, kredit rumah, kredit perusahaan (dll), atau untuk membayar utang buruk atau tagihan, atau yang telah scammed oleh pemberi pinjaman sebelum uang palsu? Selamat, Anda berada di tempat yang tepat, dapat diandalkan Pinjaman Perusahaan Ibu Kelly untuk memberikan pinjaman dengan tingkat bunga yang sangat rendah dari 2% telah datang untuk mengakhiri semua masalah keuangan Anda sekali dan untuk semua, untuk informasi lebih lanjut dan pertanyaan hubungi kami melalui email perusahaan kami: (kellywoodloanfirm@gmail.com)
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu kelly

    BalasHapus

Jangan Lupa Komennya ya.. Thanks