Selasa, 31 Januari 2012

Mamfaat Email Marketing Bagi Bisnis Online Anda


Email marketing adalah salah satu bentuk pemasaran yang dilakukan secara langsung dengan mempergunakan surat elektronik sebagai medianya.
Email ini dikirimkan langsung kepada pelanggan yang pernah membeli sebuah produk yang dihasilkan sebuah perusahaan yang sama maupun pelanggan yang baru dan belum pernah membeli produk. Email semacam ini biasa disebut dengan email marketing.

Email ini mempunyai tujuan meningkatkan hubungan di antara seorang pengusaha atau pedagang dengan pelanggan mereka sehingga akan terjadi transaksi bisnis yang terus-menerus. Selain dari itu email marketing ini juga bertujuan memperoleh pelanggan baru serta meyakinkan pelanggan untuk segera membeli sesuatu dengan segera.

Email marketing ini juga dapat dilakukan dengan cara menambahkan iklan ke dalam email yang dikirim oleh perusahaan lain terhadap calon pelanggan mereka.

Keuntungan lain dari mengirimkan email marketing ini adalah sebuah milis yang juga dapat menyediakan kemampuan untuk mengirimkan berbagai informasi ke berbagai jenis kelompok pelanggan dengan biaya yang relative rendah. Karena apabila dibandingkan dengan beriklan melalui media cetak seperti majalah atau surat kabar.

Waktu pengiriman untuk pesan email marketing cukup cepat, hanya dalam hitungan detik atau menit pesan itu akan sampai kepada calon pelanggan yang dituju.

Pemasang iklan dapat mengirimkan ke beberapa email pelanggan dengan subjek komunikasi yang menarik bagi mereka. Menurut survey lebih dari setengah pengguna internet akan mengecek email pada hari hari biasa. Jenis interaksi tertentu dengan pesan akan memicu ke pesan lainnya yang akan disampaikan secara otomatis.

Pengiriman email marketing mengalami peningkatan sekitar 15 % tiap tahunnya di dalam pengguna internet.
Selain keuntungan yang di dapat dari pengiriman iklan melalui email marketing, ada juga kekurangannya seperti banyak perusahaan yang menggunakan email pemasaran untuk berkomunikasi dengan pelanggan yang sudah ada, banyak juga perusahaan lain yang tidak diminta mengirimkan email marketing secara massal.
Email marketing semacam inilah yang dikenal sebagai spam marketing.

Sekarang ini begitu ramainya pengguna internet untuk berlama lama membuka facebook sehingga ada istilah facebook marketing. Tetapi walaupun demikian email marketing tetap tidak bisa dikesampingkan, email marketing tetap menjadi sarana promosi yang ampuh untuk meningkatkan penjualan, karena dapat membangun hubungan dengan berbagai peluang.

Email marketing dapat mengirimkan penawaran spesial ke banyak orang secara bersamaan. Email marketing juga dapat menarik pengguna internet agar datang ke websita yang anda buat. Maka dari itu, walaupun sekarang banyak alat chatting yang tersedia atau berbagai social media yang tersedia, setiap pengguna internet tetap harus punya alamat email.

Alamat email merupakan kotak surat, tempat untuk menerima dan mengirimkan surat elektronik. Apalagi sekarang setiap pengguna internet tidak hanya mempunyai alamat email satu, tetapi mereka terkadang membuat dua bahkan lebih alamat email untuk memperlancar bisnis mereka. Tidak perlu ragu untuk memanfaatkan email marketing untuk majukan bisnis internet anda, yang paling penting adalah membuat hubungan yang langgeng dengan para prospek dan  calon pelanggan.

Oh ya, penggunaan email marketing ini juga sangat membantu sistem marketing yang dibangun di setiap perusahaan untuk meningkatkan angka penjualan di setiap jangka waktu tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa Komennya ya.. Thanks