Minggu, 11 Maret 2012

Strategi Word of Mouth Marketing

Word omoutmarketing merupakan jenis pemasaran yang paling disukai oleh perusahaan. Pelanggan membicarakan brand kepada keluarga dan kerabatnya. Sementara itu, perusahaan tidak perlu mengeluarkan anggaran iklan sampai triliunan rupiah. Padahal yang benar adalah fokus meningkatkan kualitas produk, dan layanan yang mampu memberikan pelanggan pengalaman yang luar biasa justru akan merangasang terjadi'a buzzing WoM, itulah yang dapat menjadikan brand produk atau perusahaan makin hari tambah booming. Dan sebagai berikut strategi yang dapat merangsang terjadinya WoM...

1.Mendalami Prilaku Konsumen
Tanyakan pada pelanggan mengenai hubungan antara produk/layanan dengan mereka: apa yang mereka beli, motivasinya, lalu apa yang mereka rekomendasikan kepada temannya. Selain itu, tanyakan juga sosial medianya misalnya apakah chat room, twitterfacebookblog atau lainnya. Dengan demikian, maka marketer akan memahami value utama di mata pelanggan mengenai produk/layanan yang ditawarkan.
2.Bantu Membuat Tulisan 
Pelanggan juga perlu distimulasi untuk meneulis, dan mungkin butuhbantuan lebih untuk merangkai kata-kata. Sehingga, marketer mungkin dapat mengajarkan kepada pelanggan bagaimana menuliskan sebuah review , dan menjelaskan keunikan dari perusahaan.


3.Memupuk Rasa Memiliki
Orang biasanya sering jika dilibatkan dengan produk/layanan yang mereka sukai. Marketer dapat meminta arahan atau masukan kepada sekelompok pelanggan terkait dengan sejumlah inisiatif maupun langkah pemasaran. Ini akan memberikan sensof belonging kepada pelanggan terhadap perusahaan, sehingga otomatis mereka menjadi advocate bagi produk atau perusahaan.


4.Membuat Bahan Publikasi
Pelanggan biasanya punya pengalaman unik ataupun testimonial mengenai produk. Marketerdapat memanfaatkannya dengan cara merekamnya lewat video,melakukan wawancara dengan pelanggan terkait pengalamannya. Ini merupakan pengalaman original yang berharga. Atau selenggarakan customer gathering dimana pelanggan bisa saling sharing mengenai pengalamannya dengan brand yang sedang atau akan ditawarkan.


5.Memberi Kejutan
Memberikan kejutan kepada pelanggan. Kejutan ini bisa apa saja, berupa pelayanan yang tidak mereka perkirakan, hingga recovery yang jauh melampaui ekspektasi. Intinya adalah Anda memberikan suatu pengalaman pelanggan yang tidak terlupakan, dan mendorong mereka untuk berbicara mengenainya. Contohnya adalah pelanggan yang dikirimi sepatu baru tidak sampai 24 jam setelah ia menelpon ke gerai sepatu karena sepatu yang dipesannya terlalu kecil.


6.Memberi Rewerd
Ketika pelanggan melakukan word omouth yang hasilnya memuaskan, maka berikan apresiasi kepada mereka. Misalnya salah seorang teman yang pernah memperoleh hadiah dari sebuah perusahaan karena memuat sebuah artikel mengenai produknya di blog. Selain itu, reward juga bisa diadakan sebagai pemicu, misalnya menyelenggarakan kontes. Kontes yang sedang marak sekarang adalah meminta pelanggan untuk menuliskan pengalamannya dengan suatu produk, dan perusahaan menyediakan sejumlah hadiah untuk pengalaman terbaik. Atau dalam bentuk “feed” Bisnis bagi pelanggan setia dengan lebih banyak informasi tentang produk-produk yang ditawarkan melalui e-mailnewsletter elektronik, brosur dan undangan khusus untuk acara makan siang yang sekarang ini sering dilakukan industri jasa. 


7.Menciptakan Produk Unik
Untuk menarik perhatian pelanggan dan berpotensi membuat mereka berbicara tentang hal itu dengan teman-teman, kerabat, dan kolega. Orang biasanya berbicara tentang hal yang menarik dan produk baru.


8.Mencari Pemimpin Opini untuk Berbicara Produk
Ketika orang-orang berulang kali menelepon perusahaan untuk meminta informasi atau mereka akan mengunjungi perusahaan secara teratur untuk mendapatkan informasi terbaru tentang produk.Orang-orang ini biasanya didorong oleh rasa ingin tahu, seorang innovator, aktivis danindulgensi. Ini merupakan sebuah bagi marketer untuk melacak dan merekrut mereka. Karakterristik ini membuat mereka menjadi trendsetter mengenai produk. Riset menemukan 60% pendapatleaders berpengaruh terhadap keputusan membeli, dalam beberapa kelompok sangat penting perannya dalam penyebaran WoM dan lebih terarah pada sasaran produk.


9.Identifikasi Pelanggan yang Melakukan Pembicaraan
Jika seorang pelanggan mengirim pujian ke perusahaan, tindakan yang harus diambil adalah tunjukkan perhatian perusahaan kepada mereka, beri mereka penghargaan kerena pujian itu, bisa dalam bentuk tawaran diskon produk, atau hosting peristiwa khusus untuk merangsang minat pelanggan lebih jauh, serta sampaikan surat ucapan terima kasih karena mereka telah meningkatkan kesan positif tentang bisnis yang kita jalankan. 


10. Gunakan Strategi Ofensif
Mengindentifikasi aktifitas-aktifitas yang merangsang rekomendasi positif, sangat penting dalam penggunaan strategi ofensif. Buatlah pengunjung merasa betah (di hotel misalnya) dengan memproviding wilayah yang nyaman dan memunkingkan para tamu untuk merasa seolah-olah ada di rumah sendiri. Lebih khusus lagi, buat ruang film di mana para tamu dapat menikmati filmpreferensi mereka dan pada saat yang sama di sediakan swalayan dengan minuman, popcorndan makanan ringan lainnya. Difesirensiasi elemen-elemen ini (baru atau menyenangkan bagi pengunjung) akan membuat mereka berbicara kepada teman-temannya tentang pengalaman yang sangat menyenagkan itu 



Sumber
Toko Perlengkapan Bayi dan Anak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa Komennya ya.. Thanks